02/04/18

Format Penomoran Pada Angka PHP (Menampilkan Koma Atau Titik)

  Firman Santosa       02/04/18
Tutorial Jitu - Kali ini kita akan membahas Format Penomoran pada Angka PHP yang tidaklah sulit. Menampilkan koma atau titik pada angka dengan php adalah dengan sintax number_format(). Agar tidak ketinggalan, silahkan simak sampai habis artikel Format Penomoran Pada Angka PHP (Menampilkan Koma Atau Titik) pada halaman ini.

Secara default, PHP menyediakan fungsi bawaan untuk format penomoran angka salah satunya adalah fungsi number_format(). Fungsi ini menampilkan koma (,) otomatis pada setiap angka ribuan. Contohnya 3,000. Tentu saja format ini tidak cocok bagi kita di Indonesia. Karena simbol koma (,) pada 3,000 berganti dengan titik (.). Untuk itu lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas.

Format Penomoran Pada Angka PHP (Menampilkan Koma Atau Titik)
Format Penomoran Pada Angka PHP (Menampilkan Koma Atau Titik)

Pengertian Fungsi number_format()

Fungsi number_format() adalah fungsi bawaan PHP untuk penomoran pada angka baik itu angka integer maupun float. Fungsi ini akan otomatis menambahkan koma (,) pada angka dan malah bisa menambahkan dua nomor pada akhir penomoran jika dibutuhkan.

Format Penomoran Pada Angka PHP (Menampilkan Koma Atau Titik)


Fungsi number_format() memiliki 2 buah cara penulisan, yakni dengan 2 argumen atau 4 argumen. Untuk fungsi dengan 2 argumen, berikut adalah format dasar penulisannya:
string number_format ( float $number [, int $decimals = 0 ] )
Hasil akhir fungsi ini bertipe string. Argumen pertama ($number) membutuhkan input nilai angka yang akan diformat. Argumen ini bertipe float, tapi bisa juga bisa diisi dengan nilai integer. Argumen kedua ($decimals) bersifat opsional. Argumen ini menentukan berapa jumlah angka desimal (angka di belakang koma) yang dibutuhkan. Apabila tidak diisi, dianggap sebagai 0.

Langsung saja kita lihat contoh penggunaan fungsi number_format() ini:
<?php
$angka = 1999.12345;
$angka_format = number_format($angka);
echo $angka_format;
// 1,999
?>
Dapat terlihat, fungsi number_format() akan “membuang” seluruh bagian desimal dari angka diatas. Ini terjadi karena secara default, fungsi ini menggunakan 0 sebagai jumlah digit desimal (angka di belakang koma).

Sebenarnya fungsi number_format() tidak benar-benar “membuang” nilai desimal, tetapi membulatkannya, seperti contoh berikut:
<?php
$angka = 1999.99;
$angka_format = number_format($angka);
echo $angka_format;
// 2,000
?>
Dapat terlihat bahwa nilai 1999.99 akan dibulatkan menjadi 2,000.

Dengan menambahkan argumen kedua, kita bisa menentukan berapa digit desimal yang diperlukan:
<?php
$angka = 1999.888;
$angka_format = number_format($angka,2);
echo $angka_format;
// 1,999.89
?>
Kali ini fungsi number_format() akan membatasi 2 digit desimal. Selain itu dapat anda lihat bahwa fungsi ini juga membulatkan nilai desimalnya.

Bagaimana jika angka awal tidak tidak memiliki angka desimal? Mari kita lihat:
<?php
$angka = 1999;
$angka_format = number_format($angka,3);
echo $angka_format;
// 1,999.000
?>
Hasilnya, string akhir akan ditambahkan angka “0” pada bagian desimalnya. Dengan demikian kita bisa membuat format angka dengan panjang seragam.

Perhatikan juga bahwa PHP tetap menggunakan tanda koma “ , ” sebagai pemisah nilai ribuan, dan titik “ . ” sebagai pemisah nilai desimal. Ini adalah aturan penulisan di Amerika. Nantinya, dengan fungsi number_format() kita juga bisa mengubah format ini agar sesuai dengan aturan penulisan angka di Indonesia, dimana tanda titik digunakan sebagai pemisah ribuan, dan tanda koma sebagai pemisah nilai desimal.

Bentuk penulisan lain dari fungsi number_format() membutuhkan 4 argumen. Berikut format dasar penulisannya:
string number_format ( float $number , int $decimals = 0 ,
string $dec_point = "." , string $thousands_sep = "," )
Format penulisan diatas terlihat rumit, namun sebenarnya cukup sederhana. Argumen ketiga dan keempat fungsi number_format() digunakan untuk menentukan karakter apa sebagai pemisah nilai ribuan dan nilai desimal.

Sebagai contoh, karena di Indonesia kita menggunakan karakter titik sebagai pemisah angka ribuan dan karakter koma sebagai pemisah desimal, saya bisa memformat angka tersebut dengan fungsi number_format(), seperti contoh berikut:
<?php
$angka = 1999.12345;
$angka_format = number_format($angka,2,",",".");
echo $angka_format;
// 1.999,12
?>
Dapat terlihat sekarang, angka akan ditampilkan dalam format ‘umum’ yang kita gunakan sehari-hari. Lebih jauh lagi, kita bisa menambahkan string “Rp. ” sebagai awalan agar hasilnya pas untuk nilai mata uang rupiah. Berikut contohnya:
<?php
$angka = 3050145.756;
$angka_format = number_format($angka,2,",",".");
echo "Rp. ".$angka_format;
// Rp. 3.050.145,76
?>
Dalam kode diatas saya menyambungkan awal “Rp. ” dengan string hasil fungsi number_format(). Tampilan tersebut cocok digunakan untuk hasil akhir angka mata uang untuk membuat laporan yang banyak melibatkan nilai uang.

Itulah tadi artikel tentang Format Penomoran Pada Angka PHP (Menampilkan Koma Atau Titik) yang sangat perlu diterapkan pada aplikasi kita. Format Penomoran Pada Angka PHP harus di aplikasikan ke sistem informasi yang kita buat. Sehingga fungsi number_format() bisa Menampilkan Koma atau Titik pada setiap nomor, terutama pada angka mata uang. Semoga bermanfaat...
logoblog

Thanks for reading Format Penomoran Pada Angka PHP (Menampilkan Koma Atau Titik)

Newest
You are reading the newest post

3 komentar:

  1. Mantap bos...

    BalasHapus
  2. Ini yang dicari bg... ternya format penomoran tidak terlalu rumit ya...

    BalasHapus